1. FBS Broker >
  2. Blog >
  3. Bagaimana Cara Trading Mata Uang Crypto pada tahun 2022
Diperbarui • 2022-04-27

Bagaimana Cara Trading Mata Uang Crypto pada tahun 2022

Cover_642х361.png

Ini tahun 2022 dan Anda masih tidak yakin bagaimana cara trading mata uang crypto? Jika belum, inilah kesempatan Anda untuk mengejarnya sebelum terlambat. Baca terus untuk mengetahui tentang mata uang crypto, jenis aset paling menarik di dunia, dan pelajari cara memulai trading mata uang crypto pada tahun 2022 dengan percaya diri.

Apa itu mata uang crypto?

Mata uang crypto, kombinasi kata ‘kriptografi’ dan ‘mata uang’, atau ‘crypto’ singkatnya, adalah jenis aset digital yang telah merevolusi industri keuangan global. 2009 menandai penciptaan crypto pertama, Bitcoin, adalah crypto yang paling populer dan merupakan pengembangan crypto baru yang telah meningkat secara dramatis. Faktanya, hanya setelah 13 tahun, nilai total dari seluruh pasar mata uang crypto mencapai lebih dari $89 miliar dan sekarang ada lebih dari 10.000 mata uang crypto yang berbeda atau ‘koin’ di pasar.

Meskipun setiap koin memiliki beberapa fitur unik, semua koin memiliki satu hal mendasar: mereka beroperasi pada teknologi yang disebut ‘blockchain’. Blockchain mengacu pada catatan digital dari semua transaksi (dan informasi lainnya, tergantung pada koin) dari koin tertentu. Blockchain disimpan di jaringan komputer yang terdesentralisasi. Desentralisasi mengacu pada jenis pengaturan kepemilikan di mana kepemilikan dibagi secara merata di setiap node (dalam hal ini, komputer) dalam jaringan, sebagai lawan dari sentralisasi, di mana satu node memiliki sebagian besar atau semua kepemilikan. Ini berarti bahwa salinan blockchain disimpan di setiap komputer dalam jaringannya dan, yang paling penting, koin tersebut tidak diatur oleh lembaga pusat, seperti oleh bank atau pemerintah. Anda mungkin mengatakan “Kedengarannya berisiko. Saya senang dengan bank saya dan saya mempercayainya, mengapa saya harus peduli dengan crypto?”. Jawabannya sederhana: karena mata uang crypto memberi penggunanya beberapa keuntungan menarik.

Jadi, apa keuntungan menggunakan crypto? Pertama, desentralisasi memungkinkan sebagian besar jika tidak semua biaya yang dibebankan oleh bank dihindari, membuat transaksi lebih murah saat menggunakan crypto. Ini membuat perbedaan yang signifikan untuk transfer internasional, yang bisa mahal jika dilakukan melalui bank. Kedua, dengan mengizinkan hal-hal seperti batas pasokan, tingkat inflasi tetap, dan kontrak pinjaman untuk diprogram ke dalam kodenya, teknologi blockchain membuat regulasi ekonomi otomatis dan menggantikan sebagian besar fungsi bank. Akibatnya, blockchain membuat regulasi ekonomi lebih transparan, objektif, dan efisien dibandingkan dengan regulasi terpusat. Ketiga, crypto menawarkan keamanan lebih dibandingkan bank, karena teknologi blockchain sangat terenkripsi, rahasia, dan terdesentralisasi.

Apakah Anda sekarang lebih tertarik untuk trading kripto? Lanjutkan membaca untuk mengetahui perbedaan praktis antara trading crypto dan aset lain untuk memutuskan apakah trading crypto cocok untuk Anda.

1_642х361.png

Trading crypto vs aset lain

Jadi, apa bedanya trading crypto dengan aset lain?

Perbedaan utamanya adalah bahwa mata uang crypto jauh lebih fluktuatif dibandingkan jenis aset lainnya. Sangat umum bagi mata uang crypto untuk berayun sebanyak 10% selama satu hari. Di satu sisi, volatilitas yang lebih tinggi menyiratkan risiko yang lebih tinggi. Di sisi lain, volatilitas yang lebih tinggi memungkinkan profit lebih cepat karena pergerakan harga yang lebih cepat. Selain itu, berbeda dengan pasar lain, pasar crypto terbuka untuk trading selama 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun. Alhasil, trading crypto menawarkan potensi profit yang jauh lebih tinggi tetapi juga memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan aset lainnya.

Dalam hal analisis teknis, trading crypto identik dengan aset lainnya, jadi jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan alat analisis teknis, Anda tidak perlu mempelajari teori baru apa pun. Akan tetapi, ada perbedaan dalam analisis fundamental: crypto lebih sensitif terhadap sentimen pasar dan lebih dipengaruhi oleh media sosial, terutama pernyataan yang dibuat oleh selebriti crypto. Ini berarti Anda butuh memantau media sosial jika trading crypto.

Apakah Anda sekarang siap untuk memulai petualangan trading mata uang crypto? Baca terus untuk mengetahui cara terbaik untuk trading crypto pada tahun 2022.

Cara trading mata uang crypto di tahun 2022

1. Buka akun dengan broker mata uang crypto

Untuk memulai trading crypto, langkah pertama adalah membuka akun dengan broker crypto, sehingga memungkinkan trader untuk menukar crypto ke aset lain dan sebaliknya dengan harga yang ditentukan oleh broker.

Anda dapat membuka akun crypto di sini dengan FBS, baik di web maupun seluler. Akun Crypto FBS, menawarkan lebih dari 100 instrumen trading: koin, koin-koin, koin-fiat, dan koin-logam. Selain itu, FBS menawarkan ketentuan yang sangat baik untuk trading crypto: spread rendah, leverage tetap 1:5, serta deposit dan penarikan melalui mata uang fiat (tradisional) dan mata uang crypto.

Untuk mulai menggunakan akun Anda, pertama-tama Anda harus memverifikasi identitas Anda dengan paspor atau kartu identitas Anda. Ini membantu kita mencegah penipuan dan menyelesaikan perselisihan sehingga Anda dapat menikmati trading tanpa khawatir. Setelah identitas Anda diverifikasi, Anda siap mendeposit uang ke akun Anda. Dengan akun Crypto FBS, Anda dapat melakukan deposit menggunakan kartu debit, dengan perantara seperti Skrill dan Neteller, atau dompet crypto. Jika Anda belum siap untuk menginvestasikan uang nyata ke dalam crypto, Anda selalu dapat membuka akun Demo Crypto FBS dan berlatih trading crypto menggunakan uang virtual.

2. Pilih platform trading

Setelah Anda membuka akun dengan broker crypto, Anda harus memilih platform trading. Platform trading adalah jenis perangkat lunak, dimana para penggunanya dapat membeli dan menjual crypto, melacak grafik harga secara langsung, menerima sinyal trading, dan menggunakan alat analisis teknis.

Platform trading yang dapat Anda pilih bergantung pada broker crypto Anda. Akun FBS Crypto tersedia di MetaTrader5 dan platform trading FBS Trader kami sendiri. FBS Trader lebih ramah pengguna dan oleh karena itu direkomendasikan jika Anda baru saja memulai trading crypto. MetaTrader5 memiliki alat analisis teknis yang lebih canggih dan oleh karena itu cocok untuk trader yang lebih berpengalaman.

3. Buat rencana trading

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana trading yang percaya diri untuk memastikan bahwa Anda memulai trading crypto dengan sukses. Pertama, pilih mata uang crypto yang ingin Anda tradingkan. Untuk para trader, perbedaan utama antara mata uang crypto satu dengan yang lainnya adalah volatilitas dan popularitasnya. Sebagai contoh, Tether, koin yang dirancang untuk berkorelasi tinggi (bergerak dengan cara yang serupa) dengan dolar AS, jauh lebih tidak stabil dibandingkan Bitcoin, yang cenderung berayun secara besar-besaran. Selain itu, koin yang lebih populer dibandingkan yang lain, seperti Bitcoin dan Ethereum, memiliki likuiditas yang lebih tinggi (ditradingkan secara aktif) dan lebih diterima secara luas di platform trading mata uang crypto.

Perbedaan utama lainnya adalah bahwa beberapa koin memiliki persediaan terbatas, seperti Bitcoin, dengan batas persediaan 21 juta unit. Sementara itu, koin lain, seperti Ethereum, memiliki persediaan yang tidak terbatas tetapi dengan tingkat inflasi yang tetap. Untuk para trader, perbedaan antara persediaan terbatas dan tidak terbatas adalah bahwa koin dengan persediaan terbatas cenderung meningkat nilainya seiring dengan permintaan yang tumbuh dari waktu ke waktu, karena persediaan tidak dapat disesuaikan untuk memenuhi permintaan. Di sisi lain, koin dengan persediaan terbatas juga cenderung lebih fluktuatif dan dengan demikian lebih berisiko untuk ditradingkan. Oleh karena itu, sikap Anda terhadap risiko juga penting dalam memutuskan mata uang crypto mana yang akan Anda tradingkan.

Setelah Anda memilih beberapa koin untuk ditradingkan, ingatlah bahwa perbedaan volatilitas antara crypto dan jenis aset lainnya jauh lebih besar dibandingkan antar koin. Oleh karena itu, untuk menjaga volatilitas tinggi crypto agar tetap terkendali, rencana trading Anda harus mengikuti prinsip manajemen risiko yang solid. Yang terpenting, Anda harus menetapkan Stop Loss atau Take Profit untuk setiap trade yang Anda lakukan.

Selanjutnya, pilih beberapa strategi trading. Strategi trading adalah seperangkat prinsip yang membantu trader memutuskan kapan harus membeli atau menjual aset dan dapat didasarkan pada analisis teknis atau fundamental. Untuk memaksimalkan kesuksesan trading Anda, kami menyarankan agar Anda menggunakan kombinasi strategi yang mencakup kedua jenis analisis. Ingatlah bahwa jika Anda trading dengan FBS, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang strategi trading di bagian Pendidikan kami, yang tersedia di web dan juga seluler.

4. Selesaikan trade pertama Anda

Setelah Anda membuat rencana trading yang solid, Anda berarti sudah siap untuk melakukan trading crypto pertama Anda. Untuk melakukan ini, buka platform trading Anda dan pilih instrumen yang ingin Anda tradingkan. Anda kemudian akan melihat harga beli dan jual saat ini. Anda kemudian dapat memilih ukuran trade Anda dan menentukan apakah Anda ingin membeli atau menjual. Setelah Anda melakukan order, lacak profit atau kerugian Anda saat ini. Untuk menutup trade Anda, cukup tempatkan order yang setara dengan arah yang berlawanan.

Selesai, Anda sekarang telah berhasil menyelesaikan trade crypto pertama Anda! Kami harap panduan ini bermanfaat bagi Anda dan sekarang Anda menjadi lebih siap untuk trading crypto. Selamat trading!

  • 655

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera