Cara Menghindari Inflasi: 7 Tips Lindung Nilai Inflasi

Cara Menghindari Inflasi: 7 Tips Lindung Nilai Inflasi

Diperbarui • 2022-05-17

Inflasi tidak datang entah dari mana. Selalu ada alasan untuk terjadinya inflasi. Apalagi itu sering terjadi karena kesalahan dan bias manusia. Yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan diri dan menahan risiko dan konsekuensi inflasi. Kursus kilat ini menyentuh alasan terjadinya inflasi dan cara untuk terlindung darinya.

Apa itu Inflasi?

Inflasi mengukur kenaikan harga barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Ketika inflasi terjadi, hal tersebut menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk kebutuhan-kebutuhan seperti makanan. Seringkali, inflasi tidak membantu perekonomian dan hanya memperburuk keadaan bagi orang-orang. Tapi dari mana asalnya?

Berbagai faktor dapat mendorong harga atau inflasi dalam suatu perekonomian. Biasanya, inflasi terjadi akibat peningkatan biaya produksi atau peningkatan permintaan untuk produk dan jasa. Selain itu, salah satu tanda inflasi adalah kenaikan harga komoditas seperti minyak dan logam. Namun, beberapa penelitian menyangkal korelasi ini. Lihat artikel kami tentang kaitan antara minyak dan harga untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang minyak.

Salah satu pendorong inflasi yang paling signifikan adalah apa yang disebut "Black Swans". Mereka adalah peristiwa yang memiliki dampak yang sangat kuat pada perekonomian. Peristiwa yang dimaksud bisa saja perang, bencana alam, atau pandemi, seperti yang terjadi di tahun 2020. Black swan mengganggu rantai pasokan, mengurangi jumlah barang di rak dan menaikkan harga. Setelah dimulainya Covid-19, Federal Reserve AS mencetak lebih dari 8 triliun dolar dalam waktu kurang dari dua tahun. Tindakan tersebut menempatkan dunia di ambang krisis ekonomi, dan kemungkinan akan dimulai dalam waktu kurang dari setahun.

1.jpg

Sumber: Bloomberg

Inflasi menurunkan daya beli mata uang karena kenaikan harga. Respons yang dapat diprediksi terhadap penurunan daya beli adalah membeli sekarang daripada nanti. Uang tunai hanya akan kehilangan nilainya, jadi lebih baik Anda tidak berbelanja dan menimbun barang-barang yang mungkin tidak akan kehilangan nilainya. Bagi orang, hal ini berarti membeli lebih banyak sekarang sehingga mereka dapat membeli lebih sedikit nantinya. Dan untuk bisnis, hal ini berarti membuat lebih banyak investasi yang nilainya akan jauh lebih besar di masa depan. Mari belajar bagaimana menghindari inflasi dengan segala cara yang memungkinkan.

Bagaimana Melakukan Lindung Nilai Terhadap Inflasi?

Ada beberapa cara bagaimana Anda dapat memanfaatkan kenaikan harga. Kami akan menjelaskannya satu per satu.

Obligasi Jangka Pendek

Instrumen ini memiliki banyak kesamaan dengan sekuritas pasar uang, jadi mari kita membahasnya terlebih dahulu. Surat berharga pasar uang terdiri dari investasi tunai, surat utang jangka pendek (US Treasuries), dan surat berharga setara kas. Investor menganggap mereka sebagai kelompok aset teraman dengan likuiditas tinggi dan volatilitas rendah. Untuk lebih jelasnya, mari kita beri satu penjelasan lagi di sini. Obligasi adalah sekuritas yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk mengumpulkan lebih banyak uang untuk proyek dan kegiatan mereka. Obligasi memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan saham tetapi memberikan keuntungan yang lebih kecil.

Bagaimana dengan obligasi jangka pendek? Pemerintah atau perusahaan biasanya menerbitkannya. Obligasi jangka pendek memberikan hasil yang lebih sedikit dibandingkan dengan obligasi jangka panjang. Akant tetapi, obligasi jangka panjang cenderung tidak efektif ketika inflasi tinggi datang, karena kenaikan harga mengurangi nilai pembayaran. Sebagai contoh, Anda memiliki obligasi jangka panjang, dan itu menghasilkan Anda $100 setiap tahun. Tetapi dengan tingkat inflasi 10%, Anda akan membeli 10% lebih sedikit setiap tahun, dan Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Obligasi jangka pendek lebih tahan terhadap inflasi karena jatuh tempo lebih cepat. Namun, kami tidak menyarankan Anda melakukan lindung nilai terhadap inflasi dengan obligasi karena obligasi sering kali memberikan pengembalian tahunan negatif di tengah inflasi yang tinggi.

Saham — Asuransi Jangka Panjang Terhadap Inflasi

Berikutnya dalam daftar kami adalah saham (lembar saham, ekuitas). Ketika pasar obligasi mungkin tampak membingungkan, pasar saham cukup kuat untuk menyelamatkan Anda dari inflasi. Secara historis, saham mengalahkan inflasi dalam jangka waktu yang lama (10 tahun dan mungkin lebih).

2022-04-26_15-31-15.png

Seperti yang Anda lihat, ekuitas AS (pasar saham) memberikan total pengembalian terbesar selama sepuluh tahun terakhir. Kami setuju dengan perkiraan di atas; secara statistik, saham berkinerja baik dan jika Anda ingin menghemat uang Anda dari inflasi, berinvestasilah di saham. Kami menyarankan Anda untuk mencari perusahaan yang selalu disukai pasar, seperti perusahaan ritel dan ekstraksi komoditas dan bank. Dengan FBS, Anda dapat berinvestasi di Alcoa (ALCOA), 3M (MMM), McDonald's (MCDONALDS), JPMorgan (JPM), dan banyak lagi. Periksa semuanya di halaman Trading Saham.

Emas Selama Inflasi Jangka Panjang

Emas adalah aset aman, yang berarti orang mempercayai emas. Motif di balik keyakinan ini dapat dimengerti: jumlah emas yang terbatas di dunia dan jumlah uang yang tidak terbatas. Dan inilah alasan pertumbuhan emas yang konstan. Mereka adalah ukuran inflasi. Penyusutan uang berarti Anda dapat membeli lebih sedikit dengan jumlah yang sama. Dan sekarang buat referensi silang dengan emas, yang jumlahnya tidak meningkat begitu cepat.

5cdb99cc280d9ce477f5bc6de093b86d.png

Biasanya, harga emas naik sejalan dengan inflasi, jadi emas adalah salah satu aset terbaik untuk Anda di masa kenaikan harga. Perhatikan bahwa emas tidak naik bersamaan dengan harga lainnya. Ada jeda waktu di antara keduanya, jadi emas adalah lindung nilai inflasi yang efisien untuk waktu yang lama.

"TIPS" — Treasury Inflation-Protected Securities (Surat Berharga yang dilindungi inflasi Treasury)

Surat Berharga yang dilindungi inflasi Treasury (TIPS) adalah jenis keamanan Treasury yang dikeluarkan oleh pemerintah AS. TIPS diindeks ke inflasi untuk melindungi investor dari penurunan daya beli uang mereka. Pada dasarnya, ini adalah obligasi (kewajiban) yang meningkat seiring dengan inflasi, dan pembayaran obligasi bervariasi sesuai dengan perubahan nilai pokok (awal) obligasi.

Anda mendapatkan pembayaran TIPS dua kali setahun dan dapat membelinya dari bank. Selain itu, Anda dapat memilih antara menahan TIPS sampai matang (menutup) atau menjualnya terlebih dahulu—AS menerbitkan TIPS dengan rentang waktu yang berbeda, dari 5 hingga 30 tahun. Mari kita lihat pengembalian sekuritas yang dilindungi inflasi.

{0B3423F1-221D-4E48-B39F-CC9A5527CA95}.png.jpg

Bahkan TIPS juga menderita dari kenaikan harga: grafik telah jatuh selama hampir satu tahun. Kami tidak menyarankan Anda untuk mencari perlindungan inflasi di aset ini.

Komoditas

Kita telah menyentuh emas dalam artikel ini, sekarang mari kita fokus pada komoditas yang berbeda namun penting – minyak. Kenaikan harga minyak biasanya menurunkan ekspektasi tingkat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan ekspektasi inflasi dalam jangka waktu pendek. Penurunan prospek pertumbuhan ekonomi pada akhirnya akan menurunkan ekspektasi pendapatan perusahaan sehingga berdampak pada penurunan harga saham. Namun, itu hanya dalam teori.

Tidak ada bukti yang jelas bahwa kenaikan harga merupakan faktor bullish untuk minyak. Dalam artikel kami yang berjudul "Minyak bisa mencapai $100; apa artinya bagi pasar dan inflasi?" kami menyentuh tema tersebut, pastikan untuk memeriksanya.

Minyak bereaksi terhadap rasio penawaran dan permintaan, masalah logistik, dan laju pertumbuhan ekonomi. Ini bisa menjadi pilihan yang layak jika Anda ingin menghemat uang Anda tetapi hanya ketika ekonomi sedang baik. Kenaikan harga itu sendiri tidak mendorong XBRUSD atau XTIUSD. Di sisi lain, tingkat konsumsi barang yang meningkat mendorong minyak. Akan menjadi keputusan yang bijaksana untuk berinvestasi dalam minyak ketika ekonomi menyelesaikan resesi.

Mata uang crypto

Mata uang crypto cukup fluktuatif, dan korelasinya dengan aset lain sering berubah. Namun, beberapa crypto dapat berfungsi sebagai lindung nilai inflasi, tetapi Anda harus memilih dengan bijak. Crypto yang dilindungi inflasi terbaik adalah yang memiliki inflasi yang terkendali. Sebagai contoh, Bitcoin memiliki inflasi tahunan sebesar 1,25%, yang akan menurun seiring waktu. Ethereum memiliki inflasi yang kurang terkendali karena sifat crypto ini. Namun, Ethereum adalah aset deflasi hampir sepanjang waktu, yang berarti pasokan koin berkurang.

Pasar mata uang crypto relatif muda dan belum menyaksikan krisis ekonomi besar. Tahun ini akan menunjukkan kepada kita peluang apa yang disediakan crypto.

Pinjaman Leverage

Pinjaman leverage adalah jenis pinjaman yang diberikan kepada perusahaan atau individu yang sudah memiliki hutang yang cukup besar. Hal tersebut serupa dengan leverage broker Forex tetapi dalam kehidupan nyata. Lebih banyak investor menarik dana mereka ke pasar pinjaman dengan leverage di tengah kenaikan suku bunga. Setelah arus keluar saham sebesar $27,8 miliar pada tahun 2020, $13,1 miliar kembali memasuki pasar pinjaman dengan leverage pada kuartal pertama tahun 2021.

Pinjaman dengan leverage dapat memberi Anda pertahanan terhadap inflasi karena berkorelasi negatif dengan Treasuries 5 dan 10 tahun. Jadi mereka lebih murah ketika pasar menetapkan harga dalam resesi. Sangat dimungkinkan untuk mengambil pinjaman dengan leverage saat mereka murah dan menginvestasikan uangnya di aset aman mana pun yang paling Anda sukai (misalnya emas). Harap berpikir dua kali sebelum memasuki dunia pinjaman leverage karena mereka adalah instrumen berisiko.

Pertanyaan TERATAS tentang Aset yang Paling Baik Selama Inflasi

Apakah Emas Merupakan Lindung Nilai yang Baik Terhadap Inflasi?

Emas cenderung naik ketika dolar jatuh. USD melemah di tengah inflasi yang tinggi. Dengan demikian, emas bisa menjadi lindung nilai terhadap kenaikan harga.

Apakah Saham Melindungi Terhadap Inflasi?

Saham lebih fluktuatif dibandingkan emas, dan beberapa sektor (misalnya saham teknologi) menderita akibat inflasi. Di sisi lain, bank dan sektor ritel merasa hebat dan mungkin melonjak dengan harga.

Apakah Bitcoin Lindung Nilai Terhadap Inflasi?

Pasar mata uang crypto relatif muda dan belum menyaksikan krisis ekonomi besar. Akan tetapi, Bitcoin adalah crypto dengan inflasi yang terkendali. Dengan demikian, mereka tidak rentan terhadap peningkatan pasokan yang cepat dan dapat digunakan sebagai lindung nilai inflasi.

Apa yang Terjadi dengan Uang Tunai Selama Inflasi?

Umumnya, uang tunai menjadi lebih murah selama inflasi. Penyebabnya adalah sifat inflasi yang berasal dari berbagai faktor, termasuk pencetakan uang yang tidak terkendali.

Menyerupai

Inflasi: pengertian, penjelasan, dan contoh
Inflasi: pengertian, penjelasan, dan contoh

Sekarang ini, setiap sumber berita berbicara tentang inflasi, artikel ekonomi meneriakkan tentangnya. Semakin banyak orang yang bingung dengan semua informasi yang dipublikasikan.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera