8 Fakta tentang Moving Average

8 Fakta tentang Moving Average

Diperbarui • 2022-04-29

Moving Average (MA) adalah instrumen utama yang digunakan oleh trader secara luas ketika mereka membutuhkan bantuan untuk menganalisis grafik harga. Di artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar moving average dan mempelajari beberapa tips yang akan membantu Anda menggunakan indikator ini untuk meningkatkan hasil trading Anda. 

Apa itu moving average?

Moving average (MA) adalah sebuah indikator tren. MA mengambil rata-rata harga dan, sebagai hasilnya, menghaluskan pergerakan harga dari fluktuasi. Misalnya, moving average dengan periode 20 menunjukkan harga rata-rata selama 20 periode terakhir. Anda dapat menambahkan indikator ini ke grafik di Aplikasi FBS Trader.

1.jpg

Dengan bantuan moving average, Anda dapat membuat keputusan trading yang bijaksana. Misalnya, ketika tren harga tidak jelas, MA akan menunjukkan trennya kepada Anda. Jika MA naik, artinya sedang tren naik. Jika MA turun, artinya sedang tren turun. Selain itu, Anda dapat menggunakan MA sebagai garis support dan resistance. Jika harga mendekati garis moving average dari atas, ada kemungkinan harga akan berhenti turun di sana atau bahkan memantul naik. Jika harga naik mendekati moving average dari bawah, ada kemungkinan harga akan berhenti naik atau bahkan memantul ke bawah. Cukup tambahkan indikator MA ke grafik di MetaTrader 4/5 atau FBS Trader, dan Anda akan secara otomatis mendapatkan level support dan resistance.

Jenis utama MA adalah:

  • Simple MA (SMA) menunjukkan nilai rata-rata harga penutupan untuk periode yang dipilih. Akibatnya, semua harga sama nilainya. Misalnya, jika ada moving average 20 hari, kita menjumlahkan semua 20 harga penutupan dan membaginya dengan 20. Setiap kali harga penutupan baru terbentuk, harga penutupan paling lama dihapus dari perhitungan.
  • Exponential MA (EMA) dan linear weighted MA (LWMA) sangat mirip. Mereka menghitung harga terbaru dengan koefisien yang lebih tinggi. Karenanya, kedua MA ini bereaksi terhadap perubahan harga dan memberikan sinyal lebih cepat. Harap perhatikan! Meskipun moving average ini memberikan sinyal cepat, beberapa di antaranya mungkin sinyal yang salah.
  • Smoothed MA (SMMA) didasarkan pada simple moving average, tetapi membersihkan fluktuasi pergerakan harga sehingga menjadi lebih mudah untuk menentukan tren.

Fakta tentang moving average

Sekarang kita sudah cukup paham dengan definisinya, jadi mari kita lihat 8 fakta tentang moving average yang akan membuat trading dan analisis Anda lebih baik.

1. Ragam periode moving average

Moving average 21 hari biasanya menandai tren jangka pendek, 50 hari menandai tren jangka menengah, dan 200 hari menandai tren pasar jangka panjang.

2.png

2. Moving average hanyalah indikator teknis

Moving average hanya menentukan tren berdasarkan informasi harga masa lalu. Seperti alat analisis teknis lainnya, indikator grafik tidak memperhitungkan perubahan faktor fundamental yang dapat memengaruhi kinerja aset keuangan di masa mendatang. Untuk mata uang, faktor fundamentalnya termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, angka tenaga kerja, dan kebijakan bank sentral. Untuk saham, faktor fundamentalnya termasuk tingkat permintaan produk industri, pesaing baru di pasar, atau perubahan struktur manajemen perusahaan.

3. EMA atau SMA?

Ada perdebatan tentang apakah trader harus lebih memperhatikan hari-hari terakhir suatu periode (misalnya, menggunakan EMA). Banyak orang berpendapat bahwa data terbaru merupakan indikasi arah harga yang lebih baik, sementara yang lain berpendapat bahwa memberikan beberapa hari bobot lebih dapat menyebabkan pembacaan tren yang salah.

Exponential moving average memberikan bobot lebih pada perubahan harga terbaru, sementara simple moving average melihat setiap titik data dengan cara yang sama. SMA sangat bagus sebagai garis support dan resistance yang dinamis, tetapi banyak strategi trading menggunakan EMA. Jadi, secara umum, ketika kita membandingkan SMA dan EMA dengan periode yang sama, perbedaannya tidak akan terlalu besar.

3.png

4. Moving average dan momentum

Ketika harga memiliki lebih banyak momentum (kecepatan), harga dapat menempuh jarak yang lebih jauh dari MA sebelum moving average menariknya kembali. Gravitasi moving average membawa harga kembali ke garis rata-rata. Sudut dari dua moving average yang lebih cepat dan perbedaan di antara keduanya akan menunjukkan jika harga memiliki kecepatan yang cukup untuk melepaskan diri dari rata-ratanya. Moving average terbaik untuk menentukan momentum adalah dari 5 hingga 40 EMA. Misalnya, seorang trader dapat memilih 5 dan 10 EMA, atau 10 dan 20 EMA, atau 20 dan 40 EMA pada penutupan.

Kesenjangan antara dua EMA akan menunjukkan momentum dan, oleh karena itu, kecepatan harganya. Ketika perbedaan ini melebar secara signifikan, itu berarti harga akan segera kehilangan momentum, berbalik arah dan kembali ke rata-rata.

4.png

5. Moving average untuk memperkirakan tren jangka panjang

Posisi harga di grafik relatif terhadap moving average periode 200 menunjukkan apakah pasar sedang bullish atau bearish. Garis periode 200 ini menghasilkan salah satu sinyal pasar yang paling penting. Secara umum, trader bullish tetap optimis ketika harga bertahan di atas moving average periode 200. Artinya, ketika situasi seperti itu terjadi, trader disarankan untuk membeli saat terjadi pullback ke bawah. Sebaliknya, trader bearish lebih suka membuka trade jual saat terjadi reli harga di bawah moving average periode 200. Banyak strategi trading tren dibangun menggunakan indikator ini sebagai komponen utama.

5.png

6. MA sebagai sinyal

Beberapa trader mencari situasi ketika moving average mulai miring ke atas atau ke bawah dan melihat ini sebagai sinyal awal/perubahan tren. Selain itu, akan lebih mudah untuk melihat perubahan tren dan mendapatkan sinyal menggunakan dua moving average dengan periode yang berbeda pada satu grafik. Mari kita pertimbangkan MA periode 50 dan MA periode 100. Sinyal bullish terjadi ketika MA periode 50 (garis dengan periode yang lebih kecil) naik di atas garis periode 100. Sinyal ini disebut “golden cross”. Di sisi lain, sinyal bearish terjadi ketika MA periode 50 berada di bawah garis periode 100. Sinyal ini disebut “dead cross”.

Perhatikan bahwa sinyal persilangan lebih akurat ketika MA bergerak terpisah setelah persilangan dan harga memiliki momentum.

6.png

7. Masalah divergensi

Moving average adalah target ideal ketika ada divergensi. Umumnya, ketika divergensi antara grafik harga dan beberapa osilator terjadi, trader mungkin akan melihat harga kembali setidaknya ke area tengah antara EMA 100 dan 150. Ada kemungkinan bahwa harga terkadang tidak kembali dalam kisaran moving average. Namun, jika harga mencapai atau mendekati MA ini, trader dapat menganggap bahwa trading divergensi telah berakhir.

7.png

8. Datar atau miring?

Jika moving average tampak datar, MA akan memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat. Harga akan kesulitan untuk mencoba menjauh dari garis rata-rata. Di sisi lain, jika moving average tampak miring, MA akan memiliki tarikan gravitasi yang sangat lemah. Harga akan mudah untuk bergerak menjauh dari garis rata-rata lebih cepat.

Sekali lagi, ingatlah bahwa moving average dapat berubah menjadi level support dan resistance yang dinamis. Ketika harga kembali ke MA, level ini dapat digunakan sebagai area untuk melanjutkan tren (memantul naik dari support dalam tren naik dan kembali ke bawah dari resistance dalam tren turun).

8.png

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat membuat pengalaman trading Anda lebih baik. Coba perhatikan detailnya dan jangan lupa: banyak latihan, membuat Anda semakin terampil. Jadi, gunakan moving average dalam trading harian Anda dan jadikan analisis teknis Anda lebih baik!

Menyerupai

Drawdown dalam Trading
Drawdown dalam Trading

Sebagian besar (atau bahkan semua) trader ingin menguasai pasar. Akan menjadi sempurna jika kita tidak mengalami kerugian sama sekali, kita tidak membuat keputusan yang tidak bijaksana, atau kita tidak trading secara emosional. Sayangnya, tidak mungkin untuk meramalkan setiap pergerakan pasar dan trading tanpa kesalahan.

Candlestick Jepang: Panduan Lengkap untuk Pemula
Candlestick Jepang: Panduan Lengkap untuk Pemula

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak hal luar biasa yang diciptakan dari negara Jepang? Navigasi mobil, kode QR, mie instan, dan sushi hanyalah beberapa hal dari Jepang yang sulit untuk dipisahkan dari hidup kita.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera